Senin, 19 Juli 2010

Suku Leher Panjang




Definisi 'cantik' di beberapa suku pedalaman memang berbeda. Ada suku yang menganggap cantik adalah mereka yang memiliki telinga panjang ke bawah, yang tubuhnya gemuk, dan lain sebagainya. Nah, kali ini saya akan membahas tentang Suku Leher Panjang asal Thailand.

Kaum perempuan di suku ini memiliki definisi cantik yang berbeda pula. Mereka menganggap cantik adalah mereka yang memiliki leher panjang. Ya, sejak umur 5 tahun mereka dipasang cincin yang melingkari leher. Setiap bertambah umur, maka bertambah pula satu cincin di leher mereka. Pada akhirnya, leher mereka akan bertambah panjang seiring bertambahnya usia. Namun, terdapat pantangan untuk melepas cincin-cincin tersebut karena menurut kepercayaan, mereka akan mati jika melepas cincin-cincin tersebut karena leher mereka tidak akan kuat untuk menopang kepala, leher akan terkulai karena begitu panjangnya.

Hm, saya jadi penasaran nih, kira-kira bagaimana ya sistem pernapasan mereka? Apakah mereka akan membutuhkan lebih banyak oksigen? Bagaimana pola pernapasan mereka, mengingat jalan napas mereka juga bertambah panjang. Jalan napas dari hidung sampai trakhea merupakan ruang rugi (dead space) karena tidak ada pertukaran oksigen dengan karbondioksida. Pada orang normal saja dead spacenya 3 ml/kg. Hm...

Ada yang mau berpendapat?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komen yaa...jangan lupa kasih alamat blog kamu, nanti aku balik kunjungi ^_^
thanks!