Selasa, 04 Mei 2010

Cerita Kekompakan A8

Awalnya, aku akan kembali ke Surabaya haru Minggu siang. Semuanya sudah kumasukkan ke tas. Tapi saat sampai di terminal, bus jurusan Surabaya sepertinya sudah berangkat. Kutunggu setengah jam ada bus datang, tapi pastinya akan berangkat lebih siang lagi. Takut kemalaman, bapak sama ibu menyarankan kembali esok pagi. Aku pulang lagi.

Senin pagi, bapak mau mengantarku jam 3-4 pagi, tapi aku tidak melihat tanda-tanda bapak bangun, jadinya jam 5 baru berangkat. Tidur saja di perjalanan, karena aku tidak ingin sedih atau capek lagi. Sebenarnya, aku bisa saja sampai di Surabaya sebelum jam 1 siang agar aku bisa mengikuti rapat NICOTIN. Tapi ternyata, angkutan kota lebih lama dari yang kukira. Aku sampai di kos tepat jam 1. baru jam 2an aku sampai di kampus. Dan dimulailah kesibukan-kesibukan ini.

Itulah awal dari ceritaku mengenai angkatan 2008 program A, kelasku. Memang awalnya kekompakan bisa terbentuk dari OSPEK yang diadakan sebelum perkuliahan dimulai. Tapi, kekompakan itu masih terkotak – kotak oleh kelompok OSPEK.

Memang benar kalau ada pernyataan,

“Sulit sekali untuk membangun sebuah kekompakan”

Kekompakan kami, kuakui, dibangun dengan sebuah ‘keterpaksaan’ lewat program ASS yang diadakan BEM Universitas Airlangga (terima kasih!).

Kenapa terpaksa?

Karena acara ini diadakan pas liburan semester 2, pastinya banyak yang pulang kampung, lagi leha – leha di rumah masing – masing… beruntungnya, saat itu banyak teman – teman ikut Semester Pendek. Jadinya, mas Samsul, ketua BEM FKp bisa menyampaikan acara ini ke angkatan A8.

Nah, kenapa angkatan A8 yang diwajibkan ikut?

Mungkin nih… 1. Angkatan paling kecil, paling ingusan à dianggap paling sedikit ngasih kontribusi.

2. SKP (Satuan Kredit Prestasi) yang katanya mau diprogramkan sama Rektorat mulai tahun 2008 à ternyata baru ada tahun 2009, gak papa lah, itung2 buat ngasih pelajaran adik angkatan.

3. Susah ngumpulin angkatan atas à ya udah lah, kasih aja ke A8.

Waktu itu, rapat ‘seadanya’ orang aja, jadi sudah ditentukan ketuanya dari yang hadir saja. Yaitu Andi Susilo… (tepuk tangan buat dia!). kemudian, susah sekali untuk mengumpulkan seluruh anggota A8. Maklum, (seperti yang sudah saya jelaskan tadi) liburan.

Akhirnya, teman – teman buat jarkom, isinya mengancam, menakut – nakuti, bahwasanya barangsiapa yang tidak hadir untuk latihan ASS akan dikenakan skors (kok hukumannya enak?).

Kemudian, sedikit demi sedikit ada yang datang dan ikut latihan (Alhamdulillah…) à termasuk aku :P

Reny jadi pengonsep cerita,

Ririn jadi koreografer,

Teman – teman jadi pemerannya,

Latihannya keras, tiap hari, susah payah karena yang latihan datang dan pergi, beda orang beda peran, huuuh ribet! Jadinya buat SMS ancaman lagi. Belum ngaretnya… akhirnya difasilitasi oleh Mbak Esti A5 (makasih ya mbak, udah mau nemenin kita – kita latihan ^_^) kita ngadain diskusi, sharing, mau dibawa ke mana ASS kita? Sampe acara nangis – nangis segala à Reny. Intinya gini:

“Kita semuanya memang capek, liburan juga tersita, tapi kenapa teman – teman tidak mau menunjukkan sesuatu yang maksimal? Memangnya kalian mau liburan yang kita korbankan ini sia – sia? Apa kalian tidak malu menunjukkan sesuatu yang jelek di depan semua fakultas di UNAIR?”

Dari situ kami tergugah, aku, Sally, Rizal, yang berperan jadi teroris tadinya malu dan ragu, sekarang jadi pede, bahkan kami para teroris (+ Andi dan Taufan) jadi tambah kompak.

Akhirnya, semuanya semangat!!! Sampai – sampai kita mau gladi bersih di panggung beneran à padahal panitia dari BEM UA belum datang kami sudah siap di tempat à masih ketiduran gara – gara semalam ada band sampe malem. Rajin amat kita ya???

Kemudian, hal – hal yang ajaib dimulai…

Sebelum acara, para pemain sudah di make – up, siap segala sesuatunya mulai dari property, dll, kecuali satu yang belum aku siapkan à mental!, aku takut penampilan kami GeJe. Tapi, aku yakinkan pada diri sendiri à latihan kami bagus kok!

Untungnya, kami tampil di urutan pertama, jadinya agak nggak minder melihat penampilan fakultas lain. Awal cerita,

Beberapa teman – teman berperan sebagai pesenam pagi di Hotel J.W Mari Out (plesetan dari J.W Marriot) à tepukan dari supporter mulai menggema. Dari situ aku sadar, massa yang dikerahkan lewat selebaran dan SMS (khusus penduduk FKp) berdatangan. Ada angkatan yang membawa bendera BEM FKp (salut!).

Teroris datang mempersiapkan strategi meledakkan bom à aku yang awalnya deg – degan langsung semangat mendengar support dari teman – teman FKp. Bahkan, aku merasa all out karena dari panggung sepertinya terlihat tidak ada orang sama sekali (gelap cin!).

Bom meledak, semua berbaring seolah – olah jadi korban bom à terima kasih sama mas perlengkapan, efek asapnya benar – benar dapet! Teman – teman tambah riuh sorakannya… penyemangat buat kami!

Penutup, kami nge – dance dadakan walaupun dari dance yang keren banget (trim’s Ririn!) jadi dance yang… hehehe… girly banget ceeee??? Njomplang!

Kata temen – temen supporter, mereka suka dance gaya basketnya… keren katanya…

Hahaha… semuanya berjalan lancar walaupun ada siraman di tengah – tengah ketegangan di panggung. Anggia, relawati dadakan, menjalankan miniatur ambulance dengan berjalan mundur… wkwkwkwk… ada – ada aja!

Turun dari panggung… ada rasa beda… aku bangga dengan A8.

Walaupun kita tidak menjadi pemenang, tapi aku rasa aku masih sempat mendengar angkatan atas berbicara seperti ini,

“Walaupun kalian tidak membawa piala, tapi kalian adalah pemenang di mata kami! Kalian sudah berhasil membuktikannya!”

Memang sedikit kecewa, karena juri hanya mengambil 2 juara malam itu. Ririn sempat nangis, saking kecewanya. Tapi Rin, kita pulang dengan kekompakan yang tak ada bandingannya dengan sebuah piala. Sempat bangga juga, supporter kita paling rame, dan, ternyata bazaar kita juara satu looooo!

Teman – teman, mulai saat itu, kompak setengah mati! Aku jadi bangga menjadi angkatan 2008. Apalagi mulai saat itu kami teringat puisi angkatan yang pertama kali dibacakan pas OSPEK (yang cuma terdiri dari 3 kata – atau satu kata?): “Kompak, kompak, kompak!”

VARDGIVARE!

[gallery]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komen yaa...jangan lupa kasih alamat blog kamu, nanti aku balik kunjungi ^_^
thanks!