Selasa, 04 Mei 2010

Satu Karya Lagi dari A8: World AIDS Day

Awalnya ini adalah sebuah tugas dari salah satu mata kuliah yang menarik -menurutku-, yaitu Imunologi dan Hematologi. Begitu silabus diberikan, aku tercengang ada salah satu bab yang bukan lecture ataupun diskusi maupun praktikum yang biasanya ada di setiap mata kuliah. Yaitu, berupa social activity 'Hari AIDS'. Waaw…belum pernah ada, nih!

Biarpun terkesima dan terkagum - kagum dengan rancangan belajar ini, sepertinya A8 -termasuk aku- masih belum tahu apa yang akan dihadapi dengan bab yang satu ini. Mengalir seperti biasanya… barulah, saat B. Purwaningsih, PJMA Imunologi dan Hematologi masuk untuk memberikan kuliah, beliau bertanya kepada kami tentang Progress Report persiapan social activity. Ternyata kami baru menyadari segala persiapannya yang begitu banyak. Langsung saja, PJMK mahasiswa Yuyun dan Endah selalu mengingatkan untuk menyusun social activity per kelompok.

Nah, suatu malam, saat aku mencari kegiatan apa yang pas untuk kelompokku (aku benar - benar bingung karena semua konsep kelompok sama, penyuluhan dan aksi) pengen mencari sesuatu yang berbeda. Eh, nggak sengaja pas ngenet nih, ada suatu kegiatan yang dilakukan oleh satu angkatan. Jadinya aku memberi usulan bagaimana kalau semua kegiatan dijadikan satu tapi dengan koordinator masing - masing kelompok.

Kesulitannya adalah…

Berkoar - koar di depan kelas ternyata tidak selalu mendapatkan perhatian penuh dari teman - teman. Kadang saking keselnya, aku kepengen marah di depan teman - teman yang keburu pulang. Padahal ini juga untuk kepentingan nilai kita… kalau aku menanyakan sesuatu yang butuh pertimbangan, jawabannya selalu 'ya', tapi 'ya' di sini adalah suara minoritas. Terkadang aku jadi punya beban pikiran, aku butuh bantuan.

Kalau sudah putus harapan, aku sama sekali tidak mau berkoar - koar di depan kelas. Kadang apa yang sudah kusampaikan ditanyakan lagi di belakang layar. Yang tanya pun, nggak cuma 1 orang. Baiklah, kuadakan siaran ulang…

Nah, untungnya lama - kelamaan teman - teman merespon juga. Dibentuklah kepengurusan sebagai berikut:

Pelindung

: PJMK Imunologi dan Hematologi

Purwaningsih, S.Kp., MARS

Organizing Comitee

Ketua Pelaksana

: Andik Nur C.

Sekretaris

: Kinanthi Rosyana

Bendahara

: Yuyun Diantiningsih

Koordinator

Sie Acara

: Dwi Endah M.

Sie Keamanan dan Perijinan

: Sekar Arum Novita S.

Sie Kesekertariatan

: Anggia Fajar H.

Sie Perlengkapan

: Alfid Tri A.

Sie Konsumsi

: Fermi Avissa

Sie Publikasi dan Dokumentasi

: Lingga Curnia D.

Yang paling kukagumi lagi, saat rapat persiapan terakhir, aku nggak perlu lagi berkoar - koar di depan kelas karena tiba- tiba satu persatu teman - teman maju ke depan untuk memberikan usulan, bahkan debat segala! Dalam hati aku berkata, "Terima kasih, ya Allah, Kau memberiku kemudahan", ingin nangis rasanya melihat kalian juga memikirkan ini.

Terima kasih ya teman - teman, ini nih yang pengen aku lihat dari A8, kebersamaan dan kekeluargaan. Juga semoga, kalian menjadi lebih menghargai teman yang berbicara di depan kelas (seperti kata B. Ilya).

Hari pertama, kami mengadakan aksi penyebaran leaflet, stiker dan pembentangan poster di perempatan jalan Mulyorejo.

Semua poster di sini murni hasil dari tangan kreatif A8 loh… bagus ya?

Oh ya, aku sempat narsis ne… sama poster yang kutaksir (Nila… kapan aku bisa buat poster sebagus punyamu ini?)

JANGAN BUTA KARENA CINTA

Lalu hari kedua, dengan penampilan yang baru (udah potong rambut ne! mungkin karena stres?) kami mengadakan penyuluhan di SMK Negeri 5 Surabaya.

Senangnya…penyuluhan diadakan di SMK 5 Surabaya yang akhirnya kutahu itu adalah SMK terbaik di Surabaya. Guedeeeeeee banget! Adik-adiknya antusias sekali, sampai di akhir acara mereka masih bertanya-tanya kepada teman-teman penyaji. Alhamdulillah, tidak seperti yang kutakutkan, adik-adiknya ngomong sendiri, blablabla…

Nah, kami juga sempat minta tanda - tangan sama anak - anak SMKN 5 Surabaya yang bukan peserta dan peserta.

Di akhir acara, ternyata ada yang sedang berulang tahun nih, tepat di saat kegiatan ini. Tepat juga, yang berulang tahun adalah PJMK, Endah. Waah…senangnya kita bisa melakukan hal besar seperti ini. Kita pasti bisa melakukan hal - hal besar lainnya. A8 ayo kita terus berkarya! Teringat sama kata - kata mutiara ciptaan sendiri:

"ONE IS NOT ENOUGH TO MAKE TOGETHERNESS, BUT TOGETHER IS ALWAYS ABLE TO GIVE MIRACLES TO ONES"



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komen yaa...jangan lupa kasih alamat blog kamu, nanti aku balik kunjungi ^_^
thanks!