Minggu, 16 Mei 2010

Mengamati Label Plastik



Beberapa hari yang lalu saya mengamati beberapa plastik belanjaan saya.



Tanpa saya sadari, beberapa toserba mencantumkan gambar yang sama untuk mendukung pencegahan global warming. Ya, Indonesia memiliki ‘prestasi’ yang mengagumkan dalam ‘mendukung’ pemanasan global. Beberapa persen hutan di wilayah Kalimantan habis menjadi lautan abu.
Kembali lagi ke masalah plastik, mungkin memang membantu ketika plastik bisa hancur dengan sendirinya. Tapi bagaimana bila hal ini justru memicu orang lain untuk menggunakan lebih banyak tas plastik? Misalnya saja ketika saya berbelanja bulanan ke sebuah toserba (mini market), asisten kasir yang membungkus barang terkadang memisahkan tas antara makanan dan non-makanan. Tas plastik saya saja menumpuk gara-gara hal seperti itu. Mungkin kita perlu meminta secara langsung kepada karyawan mini market untuk menggabungkan barang-barang tersebut dalam satu tas plastik. Toh kalau jadi satu tas barang-barang tersebut tidak akan meracuni kan?
Belum lagi kalau saya melihat tas plastik dibuang di sungai. Menumpuk sehingga menyumbat aliran air. Inilah penyebab banjir di kota Surabaya. Bahkan saya melihat sendiri warga pinggir sungai melemparkan sampahnya dengan ikhlas dan penuh keyakinan ke sungai. Inilah yang menjadi pembeda antara warga negara Indonesia dengan negara lainnya. Kesadaran. Negara lain warga negaranya sangat sadar untuk menjaga lingkungannya demi kehidupan yang mendatang, tapi warga negara Indonesia (sebagian besar) melakukan sesuatu yang simple. Akhirnya, sungai atau selokan menjadi tempat sampah raksasa.
Ada baiknya, tas plastik diganti saja dengan kertas. Mungkin biayanya akan mahal, tapi jika tas dibuat semenarik mungkin maka akan dapat dipakai lagi. Ataupun jika dibuang, maka akan cepat diurai daripada bahan plastik. Selain itu, perbaikan perilaku masyarakat juga dibutuhkan demi lingkungan hidup yang sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komen yaa...jangan lupa kasih alamat blog kamu, nanti aku balik kunjungi ^_^
thanks!