Selasa, 04 Mei 2010

Suster: Mulai dari Suster Ngesot, Suster N, Suster Keramas, sampe Nurse Aoi

Suatu hal yang mendasari tulisanku kali ini adalah sebuah keprihatinan terhadap industri perfilman Indonesia, yang masih saja mengedepankan sisi 'komersial' daripada manfaat.Beberapa yang ingin saya contohkan di sini, adalah film-film tentang suatu profesi yang [secara ramai-ramai] oleh industri perfilman dibuat imagenya sebagai suatu profesi yang menyeramkan, malah menurut saya film tersebut tidak menampilkan bahwa 'suster' atau perawat adalah suatu profesi.Mungkin memang saya mengada-ada, karena sama sekali belum [atau tidak akan?] pernah menontonnya. Semoga, tulisan saya ini akan merubah pandangan pembaca mengenai sosok seorang 'perawat'.

1.Suster Ngesot




Di film ini, diceritakan suster ngesot[kenapa disebut ngesot, karena hantu susternya memang ngesot!] yang

suka membunuh orang. Dan orang-orang yang dibunuhnya, adalah yang pernah BERSELINGKUH DI RUMAH SAKIT.


2.Suster N


Yang inipun lagi-lagi tentang suster ngesot. Tak jauh berbeda, suster yang satu ini pun hobi membunuh [mencekik] penghuni panti jompo.

3.Suster Keramas


Nah, film ini yang baru beredar. Saya belum mendapatkan sinopsisnya, mungkin pembaca sudah menonton? Tolong kirimi saya alurnya ya, atau sinopsis saya di atas kurang tepat, tolong dibenarkan ^_^. Yang pasti dari subtitle 'Jangan Panggil Namanya Atau Nyawa Bayarannya', sudah menceritakan semuanya. Seperti ini, ketika saya memanggil seorang perawat, 'Ners A', maka saya akan dibunuhnya?

Entah, apa yang mendasari para penulis untuk membuat cerita seseram itu, dan yang masih saya herankan, kenapa ketiganya menggunakan 'perawat' sebagai hantu yang suka membunuh? Dan kenapa harus perawat?

Sangat bertolak belakang sekali, sosok profesi yang bertugas merawat dengan seorang pembunuh, bukan?

Mungkinkah saat ini masih ditemui perawat yang judes sehingga membuat para pasien dag-dig-dug ketika perawat datang ke ruangannya? Entahlah, yang pasti film berikutnya yang akan saya soroti adalah contoh film yang menurut saya, menggunakan cerita sesuai dengan yang ada dalam kenyataan, dan lagi-lagi kita memang harus bercermin pada industri luar negri yang mau-tidak mau harus saya akui memang lebih baik.

Judulnya, Nurse Aoi (Ns' Aoi)



Ini adalah sebuah drama dari negeri sakura, Jepang. Drama ini benar-benar menceritakan tentang isu perawat sebagai 'pembantu dokter' yang masih melekat di mata masyarakat. Dalam drama ini bisa dilihat bagaimana perjuangan seorang perawat yang awalnya melakukan kesalahan dan akhirnya ia dipindahkan ke rumah sakit yang tidak mengutamakan 'care', tetapi 'profit'. Namun ia tetap memberi pelayanan kepada pasien dengan hati sehingga akhirnya ia dapat mengubah pikiran orang-orang yang ada di sekitarnya.

Ya, NURSING IS CREATED WITH SKILLAND CARE, BUILT ON TRUST

Semoga industri perfilman kita semakin cerdas!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komen yaa...jangan lupa kasih alamat blog kamu, nanti aku balik kunjungi ^_^
thanks!